Kopling dan komponen pengoperasiannya merupakan bagian
dari sistem pemindah tenaga dari sebuah kendaraan, yaitu sistem yang berfungsi
memindahkan tenaga dari sumber tenaga (mesin) ke roda ken-daraan
(pemakai/penggunaan tenaga).
Pemindahan tenaga dari mesin ke sistem
penggerak pada kendaraan, tentunya diperlukan suatu proses yang halus tanpa
adanya kejutan, yang menyebabkan ketidak nyamanan bagi pengendara dan penumpang.
Di samping itu, kejutan juga dapat
menyebabkan terjadinya kerusakan pada bagian mesin.
Sistem pemindah tenaga secara garis besar terdiri dari
Unit kopling, transmisi, defrensial, poros dan roda kendaraan. Sementara Posisi
unit kopling dan komponennya (Clutch
Assembly), terletak pada ujung paling depan dari sistem pemindah tenaga
pada kendaraan. Sesuai dengan fungsinya, yaitu untuk memutus dan menghubungkan,
unit kopling memutus dan menghubungkan aliran daya/gerak/momen dari mesin ke
sistem pemindah tenaga. Dengan adanya kopling, maka saat tidak diperlukan
tenaga gerak, maka tidak perlu harus mematikan sumber gerak (mesin).
No comments:
Post a Comment