Pages

Friday, June 15, 2012

Mobil dibagi menjadi tiga bagian


     1.         Mesin ( Engine )
Seperti kita ketahui roda roda suatu kendaraan memerlukan adanya tenaga luar yang memungkinkan kendaraan dapat bergerak serta dapat mengatasi keadaan jalan, udara dan sebagainya. Sumber dari luar yang menghasilkan tenaga disebut mesin. Mesin merupakan alat yang merubah sumber tenaga panas, listrik, air, angin, tenaga atom atau sumber tenaga lainnya mekanik disebut motor bakar, motor bakar ada beberapa jenis yaitu mesin bensin, mesin diesel, mesin turbin dan lainnya. Mesin terdiri dari banyak komponen diantaranya piston, poros engkol, poros cam, pompa air, pompa oli, pompa bensin dan masih banyak komponen lainnya.

            2.         Pemindah Daya ( Chassis )
Chasis meliputi beberapa komponen yaitu suspensi yang menopang axle, kemudian untuk mengatur arah kendaraan, roda, ban dan rem untuk jalannya kendaraan, komponen - komponen tersebut berpengaruh langsung terhadap keamanan, kenyamanan dan stabilitas. Pemindahan daya adalah sejumlah mekanisme yang memindahkan tenaga yang dihasilkan mesin untuk menggerakkan roda - roda kendaraan.pemindahan daya umumnya ada dua jenis yaitu mesin penggerak depan dan mesin pengerak belakang. Pemindahan daya dari mesin ke roda roda melalui beberapa komponen yaitu kopling, transmisi, propeller shaft dan gardan.

3.         Kelistrikan ( Electrical )
Kelistrikan otomatis terdiri dari kelistrikan mesin dan kelistrikan bodi. Kelistrikan mesin adalah sistem kelistrikan otomatis yang diperlukan untuk menghidupkan mesin serta mempertahankan agar tetap hidup. Bagian bagian terdiri dari baterai yang mensuplai listrik ke komponen kelistrikan lainnya. Sistem pengapian yang terdiri dari coil pengapian distributor, kabel tegangan tinggi dan busi sistem starter komponen hanya motor starter. Sistem pengisian yang terdiri dari alternator dan regulator. Komponen komponen kelistrikan bodi adalah komponen kelistrikan yang dilengkapi dalam bodi kendaraan termasuk komponen sistem penerangan, meter kombinasi, sistem wiper dan washer, dan komponen lainnya yang bertujuan untuk menjamin keamanan dan kenikmatan saat mengendarai juga termasuk jaringan kabel yang menghubungkan komponen - kompoenen listrik.
Dari kategori diatas yang terbagi dari beberapa komponen bila dipakai terus menerus, maka keterlambatan akan rusak, oleh karena itu agar memperpanjang umur komponen - komponen tersebut diperlukanlah perawatan secara berkala, bila tanpa perawatan berkala komponen komponen tersebut akan lebih cepat mengalami kerusakan atau keausan, perawatan berkala juga diperlukan agar tidak terjadi kerusakan komponen secara tiba tiba tidak terkontrol dan menjaga kondisi mobil agar selalu baik.
Perawatan berkala dilakukan sesuai dengan spesifikasi kendaraan dan sesuai dengan jarak tempuh kendaraan misalnya setiap kelipatan 10.000 Km atau 20.000 Km Perawatan berkala biasanya telah ditentukan oleh perusahaan pembuat mobil pemilik mobil hanya mengikuti ketentuan ketentuan yang ada pada buku perawatan berkala isi buku perawatan berkala salah satunya adalah jadwal perawatan berkala pada mobil tersebut.

No comments:

Post a Comment